MAKALAH : KOMPUTER 1
PERANAN KOMPUTER DALAM BIDANG
PENDIDIKAN
DISUSUN OLEH:
BIOLOGI 1
Hasmirah : 13842050024
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Yayasan Perguruan Islam Maros (STKIP YAPIM)
Tahun Ajaran 2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan atas
kehadirat Allah swt. Yang telah memberikan rahmat dan karunia yang
dilimpahkan-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah ini.
Adapun yang menjadi judul makalah saya adalah “ Peranan Komputer
Dalam Dunia Pendidikan ” yang didalamnya memuat tentang “ Peranan Komputer Dibidang Pendidikan, Bentuk-bentuk pembelajaran dengan Meggunakan Komputer, Bagaiamana Pengajaran
Berbantuan Komputer dan aplikasinya , serta Fungsi
Komputer Dalam Bidang Pendidikan.
Tujuan
saya menulis makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas dari dosen
pembimbing saya yaitu ” Abdul Hafid Burhami
S.E.,M.M. ” dalam mata kuliah “ Komputer 1 ”.
Jika dalam
penulisan makalah terdapat berbagai kesalahan dan kekurangan dalam penulisannya, maka kepada
para pembaca, penulis memohon maaf sebesar-besarnya atas koreksi-koreksi yang
telah dilakukan. Hal tersebut semata-mata agar menjadi suatu evaluasi dalam
pembuatan makalah ini.
Mudah-mudahan
dengan adanya pembuatan makalah ini dapat memberikan manfaat berupa ilmu
pengetahuan yang baik bagi penulis maupun bagi para pembaca.
Maros,07 Januari 2015
Hasmirah
Biologi 1
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar................................................................................................................... i
Daftar Isi.............................................................................................................................. ii
BAB 1 PENDAHULUAN................................................................................................... 1
A.
Latar Belakang................................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah............................................................................................. 1
C.
Tujuan Penulisan............................................................................................... 1
BAB 11 PEMBAHASAN.................................................................................................. 2
A... Peranan
Komputer Dibidang Pendidikan..................................................... 2
B. . Bentuk-Bentuk
Pembelajaran Dengan Meggunakan Komputer............... 3
C. . Peran
Komputer Dalam Pembelajaran.......................................................... 4
D. . Pengajaran
Berbantuan Komputer Dan Aplikasinya.................................. 5
E. .. Fungsi
Komputer Dalam Bidang Pendidikan............................................. 9
BAB III PENUTUP............................................................................................................. 13
A.
Kesimpulan.......................................................................................................... 13
B.
Saran..................................................................................................................... 13
Daftar
Pustaka..................................................................................................................... 14
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang begitu pesat sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan, Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan terhadap proses pembelajaran Media Komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran terutama yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan siswa. pembelajaran ini dapat meningkatkan motifasi belajar, media pembelajaran yang efektif, tidak adanya batas ruang dan waktu belajar.
Perkembangan teknologi yang begitu pesat sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan, Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan terhadap proses pembelajaran Media Komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran terutama yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan siswa. pembelajaran ini dapat meningkatkan motifasi belajar, media pembelajaran yang efektif, tidak adanya batas ruang dan waktu belajar.
Computer
adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran.
Karena dengan sarana pendidikan yang lengkap dan bermutu, kualitas pembelajaran
akan semakin baik, dan motivasi belajar siswa akan meningkat. Hal itu akan
berakibat pada peningkatan mutu pendidikan.
Komputer
kini semakin maju , dan mudah dipakai. Yang tadinya berukuran besar, kini
semakin mengecil. Sampai bisa dibawa ke mana-mana. Yang semula sekedar untuk
membantu memecahkan hitung-hitungan rumit kini bisa dipakai untuk olah kata,
olah data, olah gambar, dan pangkalan data dalam berbagai bidang kehidupan.
Termasuk untuk keperluan pendidikan.
B. Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana Peranan Komputer Dibidang Pendidikan ?
2.
Bagaiamana Bentuk-bentuk pembelajaran dengan
Meggunakan Komputer ?
3.
Apa Peran Komputer Dalam Pembelajaran ?
4.
Bagaiaman Pengajaran Berbantuan Komputer dan aplikasinya?
5.
Apa Fungsi Komputer Dalam Bidang Pendidikan ?
C. Tujuan
Penulisan
1.
Untuk mengetahui Peranan Komputer Dibidang Pendidikan.
2.
Untuk mengetahui Bentuk-bentuk pembelajaran dengan
meggunakan Komputer.
3.
Untuk mengetahui Apa Peran Komputer Dalam Pembelajaran.
4.
Untuk mengetahui Bagaiaman Pengajaran Berbantuan
Komputer dan aplikasinya.
5.
Untuk mengetahui Apa Fungsi Komputer Dalam Bidang
Pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PERANAN KOMPUTER DI
BIDANG PENDIDIKAN
Komputer merupakan satu alat elektronik yang kompleks dan mempunyai banyak
kelebihan. Komputer didapati sesuai untuk dijadikan alat untuk membantu guru atau dosen dalam proses
pengajaran ,serta membantu pelajar mengerjakan tugas , karena komputer berkemampuan untuk menerima dan memproses data dll .
Peranan
komputer di bidang pendidikan diantaranya
ialah sebagai berikut :
a)
Sebagai alat presentasi
dengan
bantuan sebuah proyektor kini komputer
jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide
ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga
mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.
b)
Sebagai pengganti mesin ketik
Sekitar
tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih
menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun disekitar
akhir tahun sembilan puluhan sampai sekarang posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih
efektif.
c)
Sebagai alat hitung
Di dalam
komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak
sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah ,
rata rata dan juga pembagian.
d)
Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas
internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling
terhubung antara satu dengan yang lain, banyak yang digunakan sebagai server , dan
sat ini server terbaik di pegang oleh pihak google yang juga website nomor satu
di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya, setelah media yang bermanfaat
terupload di server baik itu dalam bentuk Pdf ,html dan
juga doc . dapat di akses oleh semua orang di dunia selama server tetap menyala .
B. Contoh bentuk-bentuk pembelajaran dengan
meggunakan komputer
Ada berbagai macam bentuk-bentuk
pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :
a)
Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang
menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang
bervariasi. (schule.bayern.de)
b)
Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam
bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
c)
Pembelajaran dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan
sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
d)
Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik
dengan memanfaatkan program PDF atau
Microsoft
Office.
e)
Pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang
sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja
pelengkap seperti loud-speaker
atau headset juga diperlukan.
f)
Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang
tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan
jaringan internet, maka proses pembelajaran dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat
diakses dengan cepat dan seketika.
C. PERAN
KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
Menurut Gagne dan Briggs dalam
Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena
memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan memiliki fungsi antara
lain sebagai berikut :
v
Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani
hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan
ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
v
Pengulangan : Pengguna komputer terutama mahasiswa
atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang
menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
v
Feedback and Reward : Dengan
komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja
pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran
dan pujian ini dpaat disampaikan secara online
dan seketika sehingga mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan
pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan
potensi diri terutama dalam pembelajaran.
Peranan atau manfaat teknologi
komputer di dunia pendidikan yang diantaranya adalah e-learning :
a. Lebih mudah mendapatkan materi atau informasi
Jika kita menggunakan sistem pembelajaran berbasis e-learning, kita akan lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan materi atau info. Tinggal ketik apa yang kita cari, tunggu sebentar, kita langsung dapat materinya.
Jika kita menggunakan sistem pembelajaran berbasis e-learning, kita akan lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan materi atau info. Tinggal ketik apa yang kita cari, tunggu sebentar, kita langsung dapat materinya.
b. Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak
Kita bisa mendapatkan banyak sekali materi, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan kita bisa mencari materi yang berasal dari luar negeri yang tentunya akan menambah wawasan bagi kita dan juga bisa untuk meningkatkan hasil belajar kita.
Kita bisa mendapatkan banyak sekali materi, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan kita bisa mencari materi yang berasal dari luar negeri yang tentunya akan menambah wawasan bagi kita dan juga bisa untuk meningkatkan hasil belajar kita.
c. Pembelajaran lebih efektif dan efisien waktu dan
tenaga
Jika ada tugas, kita bisa mencari bahan yang kita butuhkan dengan cepat. Tidak harus ke sana ke mari untuk mendapatkan bahan yang kita butuhkan. Tinggal duduk di depan komputer atau laptop, lalu cari yang kita butuhkan. Setelah itu, susun tugasnya dan selesai.
Jika ada tugas, kita bisa mencari bahan yang kita butuhkan dengan cepat. Tidak harus ke sana ke mari untuk mendapatkan bahan yang kita butuhkan. Tinggal duduk di depan komputer atau laptop, lalu cari yang kita butuhkan. Setelah itu, susun tugasnya dan selesai.
d. Dapat berinteraksi langsung dengan siapapun
Seorang mahasiswa bisa saja bertanya pada temannya materi apa yang diajarkan hari ini atau tugas apa yang diberikan, jika hari itu dia tidak bisa berangkat karena suatu alasan. Dia juga bisa bertanya langsung pada dosennya apa materi yang diajarkan tadi atau tugas apa yang diberikannya. Dalam berinteraksi, dia bisa menggunakan media tulisan. Dia mengetik apa yang akan dibicarakan atau ditanyakan kemudian dikirim ke alamat yang dituju. Dia juga bisa berinteraksi langsung, bisa bertatap muka dan berbicara langsung dengan orang yang diajak bicara. Karena kemajuan teknologi, sekarang hal itu bisa terjadi dengan alat yang bernama webcam.
Seorang mahasiswa bisa saja bertanya pada temannya materi apa yang diajarkan hari ini atau tugas apa yang diberikan, jika hari itu dia tidak bisa berangkat karena suatu alasan. Dia juga bisa bertanya langsung pada dosennya apa materi yang diajarkan tadi atau tugas apa yang diberikannya. Dalam berinteraksi, dia bisa menggunakan media tulisan. Dia mengetik apa yang akan dibicarakan atau ditanyakan kemudian dikirim ke alamat yang dituju. Dia juga bisa berinteraksi langsung, bisa bertatap muka dan berbicara langsung dengan orang yang diajak bicara. Karena kemajuan teknologi, sekarang hal itu bisa terjadi dengan alat yang bernama webcam.
e. Bisa tahu materi atau tugas lebih awal
Mahasiswa bisa melihat jadwal atau tugas yang diberikan oleh dosennya yang sudah di upload. Jadi, mahasiswa sudah tahu apa yang akan dilakukan hari ini dan dapat mempersiapkannya lebih awal.
Mahasiswa bisa melihat jadwal atau tugas yang diberikan oleh dosennya yang sudah di upload. Jadi, mahasiswa sudah tahu apa yang akan dilakukan hari ini dan dapat mempersiapkannya lebih awal.
D. PENGAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER
Dengan
berkembangnya teknologi e-media, sebagai media pendiddikan, maka
sarana dan prasarana untuk pemanfaatannya juga berkembang, salah satu sarana
tersebut adalah komputer. Pengajaran berbatuan komputer merupakan suatu usaha
yang dilakukan oleh para ahli sejak beberapa dekade yang lalu, karena dengan
batuan komputer ini proses pengajaran berjalan lebih interaktif dan membantu
terwujudnya pembelajaran yang mandiri. Dengan perkembangan teknologi komputer ini, maka metode pendidikan
juga berkembang, sehingga proses pengajaran berbantuan komputer ini maju terus
menuju kesempurnaannya, namun secara garis besarnya, dapat dikatergorikan
menjadi dua, yaitu computer-based
training (CBT) dan Web-based
training (WBT).
§
Computer-based Training
(CBT)
CBT
merupakan proses pendidikan berbasiska komputer, dengan memanfaatkan media
CDROM dan disk-based sebagai
media pendidikan. Dengan memanfaatkan media ini, sebuah CD ROM bisa terdiri
dari video klip, animasi, grafik, suara, multimedia dan program aplikasi yang
akan digunakan oleh peserta didik. Dengan CBT, proses pendidikan melalui classroom tetap dapat terlaksana,
sehingga interaksi dalam proses pendidikan dapat terus berlangsung, dibantu
oleh kemandirian peserta didik dalam memanfaatkan CBT.
§
Web-based training (WBT)
WBT sering juga diidentikkan dengan e-learning, dalam metoda ini selain
menggunakan komputer sebagai sarana pendidikan, juga memanfaatkan jaringan
Internet, sehingga seorang yang akan belajar bisa mengakses materi pelajarannya
dimanapun dan kapanpun, selagi terhubung dengan jaringan Internet .
Secara umum aplikasi komputer dalam bidang
pendidikan terbagi menjadi dua, yaitu :
è Aplikasi non pengajaran
Dalam aplikasi non pengajaran
terbagi menjadi empat, yaitu :
·
CBE (Computer Based Education)
Bersifat
menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapat dikategorikan dalam
bidang ini. CBE juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang
menunjang pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan
siswa, menyimpan arsip data pribadi, dll.
·
CAT (Computer Assisted Testing)
Ujian
berbantuan computer, sebagai pengganti kertas ujian, tanya jawab interaktif.
·
CAG (Computer Assisted Guidance)
Komputer
digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan untuk memberikan pengarahan kepada pemakai.
Informasi yang diperoleh tidak meningkatkan keahlian pemakai secara langsung,
tetapi dapat membantu pemakai dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu.
·
CMI (Computer Managed Instruction)
Komputer
digunakan untuk merencanakan kuliah, dan dapat digunakan untuk memantau
prestasi siswa dan membuat laporan secara teratur.
è Aplikasi pengajaran , Terbagi menjadi tiga, yaitu:
·
CAI (Computer Assisted Instruction), Jenis Aplikasi
CAI :
° Latih dan Praktek (Drill and Practice) : Menguji
tingkat pengetahuan siswa.
° Penjelasan (tutorial) : Untuk
materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan komputer.
° Simulasi : Digunakan untuk mengkaji
permasalahan yang rumit.
° Pemainan (game) : Agar bisa mendapat pengetahuan
dengan santai.
·
Metode pengajaran logo
Menggabungkan
3 bidang ilmu : Kecerdasan buatan, psikologi & Ilmu komputer. Dikembangkan oleh Seymour Papert dan partner.
Tujuan pengembangan :
°
Membuat berbagai model metode belajar.
°
Berinteraksi dengan model untuk memperbaiki hasil yang
sudah dicapai.
°
Mengembangkan cara untuk meningkatkan perasaan ingin
belajar
°
Metode pengajaran LOGO
°
Dibantu
& mencari jalan sendiri.
·
Metode pengajaran small talk – 80
Menggunakan
jaringan komputer (tiap komputer disebut OBJECT).
Kelebihan :
fasilitas grafis berkemampuan tinggi dan siap pakai.
Pemakai tidak perlu mengerti aspek
teknis komputer, cukup pengetahuan dasar logika sehingga komputer mengarahkan
mereka dengan cara yang mudah dimengerti.
Komputer
sebagai alat pelajaran mempunyai sejumlah keuntungan :
1.
Dapat membantu murid dan guru dalam pelajaran. Karena
komputer itu "sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna", ia
sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching. Tak ada guru yang dapat
memberi latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
2.
Memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan
segera seperti membuat hitungan atau memproduksi grafik, gambaran dan
memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia
manapun.
3.
Sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur
menurut keinginan peneliti pelajaran atau penyusunan kurikulum.
4.
Mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Bila
komputer tidak dapat menjawab pertanyaan murid dengan sendirinya guru akan
menjawabnya. Adakalanya komputer dapat memberi jawaban yang tak dapat segera
dijawab oleh guru.
5.
Komputer dapat pula menilai hasil setiap pelajaran
dengan segera.
Selain
keuntungan di atas komputer memiliki beberapa peran dalam penggunaannya di
bidang pendidikan antara lain :
1.
Penggunaan komputer sebagai super kalkulator.
2.
Penggunaan komputer untuk mengajar komputer dan
memprogram dengan komputer.
3.
Penggunaan komputer sebagai alat bantu langsung dalam
prosesbelajar mengajar.
4.
Mode tutor pengganti.
5.
Mode laboratorium simulasi.
6.
Peranan komputer dalam bidang administrasi dan
manajemen.
7.
Penggunaan komputer sebagai pusat data.
Dahulu
fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah
informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan
menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat
memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :
v
Dari aplikasi yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya
(Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.
v
Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi
ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope, dengan
aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power
Point ; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang
persentasi, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi
seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll.
v
Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita
terhubung dengan Internet kita dapat memperoleh pendidikan atau Ilmu
pengetahuan seperti :
“ Sejarah,
Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi,
Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan
Agama dll ” .
· Dibidang
pendidikan kedokteran dan kesehatan
Melakukan rontgen terhadap tubuh
pasien sehingga dapat diketahui apa penyakit dan penyebabnya, Diagnostik ,
terapi dan perawatan, monitoring status pasien, Adminstrasi Rumah Sakit , Data
base karyawan Rumah Sakit , Laboratorium analisis kesehatan, penelitian dalam
bidangkesehatan, Penelitian dan pabrik Farmasi.
· Dibidang
ekonomi
Metode usaha dapat menggunakan apa
saja termasuk komputer salah satunya. Komputer dapat disewakan (rental
komputer), dijadikan warnet, usaha percetakan, mengedit video dan gambar,
desain grafis untuk periklanan, install dan service software (perangkat lunak),
pembuatan website, kursus komputer dan masih banyak lagi sarana usaha lainnya
·
Penggunaan komputer dalam bidang Biologi / riset
Adalah untuk menginterpretasikan
data-data biologi, misalnya informasi gen dari berbagai makhluk hidup, mulai
dari makhluk hidup tingkat rendah sampai makhluk hidup tingkat tinggi.
·
Penggunaan
komputer dalam bidang militer
Adalah
untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan
kapal selam, untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan
pengiriman sandi-sandi rahasia militer.
Di dalam
bidang pendidikan, komputer juga mempunyai andil yang sangat besar di dalam
memberikan informasi untuk beragam usia. Beberapa fungsi komputer dalam bidang
pendidikan diantaranya;
a.
Sebagai Mencari
Bahan Informasi
Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Seperti contoh, jika anda seorang sisawa dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.
Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Seperti contoh, jika anda seorang sisawa dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.
b.
Untuk Media
Pembelajaran
Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.
Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.
c.
Komputer
Sebagai Tempat Penyimpanan Data
Dengan adanya komputer, seseorang dapat dengan mudah menyimpan berbagai macam data - data dalam jumlah banyak namun dengan tempat yang lebih kecil. Cara ini tentunya lebih efektif ketimbang anda menyimpan data - data dalam bentuk berkas
Dengan adanya komputer, seseorang dapat dengan mudah menyimpan berbagai macam data - data dalam jumlah banyak namun dengan tempat yang lebih kecil. Cara ini tentunya lebih efektif ketimbang anda menyimpan data - data dalam bentuk berkas
d.
Berkas
Kertas.
Selain dalam dunia pendidikan, manfaat besar lainnya dari komputer juga dapat anda temukan di dunia pekerjaan, bisnis, individu ataupun sebagai alat bantu penelitian - penelitian yang dilakukan.
Selain dalam dunia pendidikan, manfaat besar lainnya dari komputer juga dapat anda temukan di dunia pekerjaan, bisnis, individu ataupun sebagai alat bantu penelitian - penelitian yang dilakukan.
Secara umum
dapat dijelaskan peranan komputer atau ilmu teknologi pada pendidikan, yaitu
sebagai berikut:
v Ilmu Teknologi (selanjutnya disebut: IT) merupakan sumber dari ilmu pengetahuan.
Hal ini terjadi karena komputer telah berhasil menjadi ”alat perekam cerdas”
yang mampu menampung semua informasi yang diberikan oleh pengguna dari seluruh
dunia. Jadi setiap kita menulis sesuatu di internet, maka komputer server utama
akan merekam seluruh informasi yang diberikan.
v IT/komputer digunakan sebagai alat bantu penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
Kenyataan ini terjadi karena pada saat ini para instruktur di berbagai belahan
dunia telah dan terus menerus mengaplikasikan penggunaan IT sebagai bagian
integral alins dan alongins di dunia pendidikan. Penggunaan IT ini telah
dikemas dalam kurikulum pendidikan sehingga dalam prakteknya harus
dilaksanakan. Alasan utama mengapa IT digunakan sebagai alat bantu belajar
mengajar karena kemampuannya untuk dapat menyajikan visualisasi dan grafis
bahkan menjembatani komunikasi antara komponen pendidikan secara efektif dan
efisien baik didalam maupun diluar kelas, tanpa ada batasan ruang dan waktu.
v IT/komputer dijadikan salah satu prasarat komponen manajemen pendidikan modern.
Pemahaman ini diambil dari wacana bahwa semua unsur terkait atau stake holder
(instruktur, manajer, pimpinan, siswa, pendukung pendidikan) dalam dunia
pendidikan harus memahami dan mempunyai ketrampilan pemanfaatan IT.
v IT/komputer mampu mentransformasikan data dalam bentuk digital, audio visual,
simulasi, gerak, dan realitas maya tergantung dari kemampuan sumber daya alat
dan konsep pendidikan yang diinginkan. Sehingga pada saat ini telah ada konsep
manajemen kelas virtual semacam Learning Management System (LMS), materi-materi
elektronik; fasilitas e-learning, e- library, e-office, distance learning.
v IT/komputer bagi sebuah institusi pendidikan dijadikan alat untuk melaksanakan fungsi
manajemen pendidikan yang mampu merencanakan, mengelola, melaksanakan fungsi
pendidikan, pengkajian, evaluasi dan pengembangan. Pengelolaan ini dapat
dilaksanakan melalui program LMS, blackboard, webwiz dst. Seorang manajer
pendidikan mampu mengelola daftar hadir siswa, merekam proses belajar,
memberikan penugasan, memberi dan menerima materi ajaran, mengirimkan materi
evaluasi pendidikan, melaksanakan bimbingan dan pengasuhan.
v Kemampuan aplikasi IT/komputer yang sudah
dapat digunakan untuk menganalisa kinerja suatu institusi seperti kita kenal;
Executive Information System, Decision Support System, Expert System,
Management Information System. Hal ini membuat analisa kinerja institusi
pendidikan menjadi lebih mudah; contohnya adalah kemampuan anggota dalam
melaksanakan tugas yang diberikan oleh satuan atas dapat dimonitor secara
langsung apakah tugas terbsebut sudah dilaksanakan, dalam proses, atau idle.
v IT/teknologi sebagai budaya. Kenyataan ini muncul sebagai akumulasi dari keenam peran
diatas, mendasari pola kerja dan kinerja satuan yang sudah menggunakan dan
mengembangkan IT di lingkungan kerjanya. IT merupakan tuntutan menajemen
institusi modern, mau tidak mau IT harus ada, digunakan, dan dikembangkan.
Manfaat
komputer dalam pendidikan, yaitu:
a.
Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan
menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model
pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and
practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model
simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini
dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih
menarik.
b.
Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan
adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas - tugas dengan
kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak,
suara, video, gambar dan lainnya.
c.
Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan
adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau
arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas
pendidikannya.
d.
Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan
pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah
dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik.
Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer
hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.
Selain dalam dunia pendidikan, manfaat besar lainnya dari komputer juga dapat anda temukan di dunia pekerjaan, bisnis, individu ataupun sebagai alat bantu penelitian - penelitian yang dilakukan. Demikianlah informasi mengenai fungsi komputer untuk dunia pendidikan yang dapat kami informasikan, semoga bermanfaat bagi anda.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Jadi Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data, menyimpan dan menyajikan data
serta menampilkannya menjadi sebuah informasi.
Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Ada dua
peranan internet yang sangat penting, yakni:
(1) sebagai sumber data dan
informasi
(2) sarana pertukaran data dan
informasi. Adapun
manfaat computer di bidang pendidikan, yaitu sebagai berikut:
1)
Sebagai alat presentasi
2)
Sebagai pengganti mesin ketik
3)
Sebagai alat hitung
4)
Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas
Selain
itu, adapun peranan penting computer pada pendidikan, yaitu sebagai berikut:
1)
Merupakan
sumber dari ilmu pengetahuan.
2)
Sebagai alat
bantu penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
3)
Dijadikan salah
satu prasarat komponen manajemen pendidikan modern.
4)
Mentransformasikan
data dalam bentuk digital, audio visual, simulasi, gerak, dan realitas maya tergantung dari kemampuan sumber daya alat dan konsep
pendidikan yang diinginkan.
B. Saran
Dengan perkembangan zaman, maka
sepatutnya pendidikan kita juga ikut berkembang bukan hanya mempertahankan tradisi tradisional, tetapi harus mengikuti
perkembangan teknologi juga. Dengan peningkatan pemaham teknologi pada peserta
didik diharapkan pendidikan di Indonesia ini bisa bersaing dengan negate-negara
lainnya. Maka dari itu, computer sangat memiliki peranan penting dalam bidang
pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
http://google.com/peranan-penting-komputer-pada-pendidikan/
No comments:
Post a Comment