BAB I
PENDAHULUAN
Tugas dari pak hafid burhami
1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki
setiap dimensi aspek kehidupan manusia. Teknolgi informasi saat ini memainkan
peran yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan sturktur organisasi, dan
mannajemen organisasi. Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan
peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam
suatu institusi akademik. Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran
adalah diperkayanya sumber belajar dan media pembelajaran. Media
komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan
keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu
kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan mahasiswa.Oleh
karena itu kami akan membahas bagaimana Manfaat komputer dan Internet sebagai
meadia pembelajaran
A. Manfaat Komputer di Bidang Pendidikan
Komputer merupakan satu alat
elektronik yang kompleks dan mempunyai banyak kelebihan. Komputer didapati
sesuai untuk dijadikan alat bagi membantu guru dalam proses pengajaran
pembelajaran kerana komputer berkemampuan untuk menerima dan memproses data.
Giesert dan Futrell menegaskan bahawa seseorang guru yang menggunakan komputer
dalam pengajaran pembelajaran boleh dikategorikan sebagai mempunyai bakat dan
kebolehan tambahan. Pengajaran yang disertakan dengan bahan bantu belajar yang terkini
akan dapat menambahkan minat pelajar mempelajari sesuatu bidang pelajaran. Di
samping itu jika komputer dapat digunakan secara sistematik dan berkesan oleh
guru ia akan mampu menyelesaikan sebarang masalah pengajaran pembelajaran. Ini
selaras dengan pendangan Heinich yang mengatakan bahawa komputer dapat
memperkayakan teknik pengajaran. Komputer adalah pelengkap kepada penyampaian
pengajaran yang berkesan. Sandholtz telah menyuarakan bahawa penggunaan
teknologi boleh memudahkan pengajaran pembelajaran.
Manfaat
komputer di bidang pendidikan banyak
sekali yang dapat dirasakan diantaranya ialah sebagai berikut :
1) Sebagai alat presentasi – dengan
bantuan sebuah proyektor kini komputer
jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide
ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga
mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.
2) Sebagai pengganti mesin ketik –
Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik
masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun
disekitar akhir tahun sembilan puluhan kini posisinya digantikan dengan
komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.
3) Sebagai alat hitung – Di dalam
komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak
sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah ,
rata rata dan juga pembagian.
4) Sebagai media komunikasi dengan masyarakat
luas – tahukah anda bahwa internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling
terhubung antara satu dengan yang lain, banyak yang digunakan sebagai server ,
dan sat ini server terbaik masih di pegang oleh pihak google yang juga website
nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya, setelah media yang
bermanfaat terupload di server baik itu dalam bentuk pdf ,html dan juga doc .
dapat dia akses oleh semua orang di dunia selama server tetap menyala tentunya
, saat server mengalami down ataupun maintenance maka semua halaman yang kita
upload tidak dapat di unduh ataupun di baca.
C. Peranan Komputer pada
Pendidikan
Tanggung jawab sekolah yang
besar dalam memasuki era globalisasi adalah mempersiapkan siswa untuk
mengahadapi tantangan-tantangan dalam masyarakat sangat cepat perubahannya.
Sala satu dari tantangan yang dihadapi oleh para siswa adalah menjadi pekerja
yang bermutu. Kemampuan berbicara dalam bahasa asing dan kemahiran komputer
merupakan dua kriteria utama yang pada umumnya diajukan sebagai syarat untuk
memasuki lapangan kerja di Indonesia ( dan di seluruh dunia ). Mengingat
sekitar 20-30 % dari lulusan SMU di seluruh wilayah Nusantara ini yang
melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi, dan dengan adanya komputer yang telah
merambah di segala bidang kehidupan manusia, maka dibutuhkan suatu tanggung
jawab yang besar terhadap system pendidikan untuk meningkatkan kemampuan
berbahasa dan kemahiran komputer bagi para siswa.
Secara umum dapat dijelaskan
peranan komputer atau ilmu teknologi pada pendidikan, yaitu sebagai berikut:
1)
Setelah Tuhan, ilmu teknologi (selanjutnya disebut: IT) merupakan sumber
dari ilmu pengetahuan. Hal ini terjadi karena komputer telah berhasil menjadi
”alat perekam cerdas” yang mampu menampung semua informasi yang diberikan oleh
pengguna dari seluruh dunia. Jadi setiap kita menulis sesuatu di internet, maka
komputer server utama akan merekam seluruh informasi yang diberikan. Jadi tidak
aneh jika kita Googling dengan key-in bahasa Jawa-pun dia bisa
mendapatkan data yang berhubungan dengan apa yang kita cari. Intinya semakin
kita sering key-in semakin
komputer pintar.
2)
IT digunakan sebagai alat bantu penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
Kenyataan ini terjadi karena pada saat ini para instruktur di berbagai belahan
dunia telah dan terus menerus mengaplikasikan penggunaan IT sebagai bagian
integral alins dan alongins di dunia pendidikan. Penggunaan IT ini telah
dikemas dalam kurikulum pendidikan sehingga dalam prakteknya harus
dilaksanakan. Alasan utama mengapa IT digunakan sebagai alat bantu belajar
mengajar karena kemampuannya untuk dapat menyajikan visualisasi dan grafis
bahkan menjembatani komunikasi antara komponen pendidikan secara efektif dan
efisien baik didalam maupun diluar kelas, tanpa ada batasan ruang dan waktu.
3)
IT dijadikan salah satu prasarat komponen manajemen pendidikan modern. Pemahaman
ini diambil dari wacana bahwa semua unsur terkait atau stake holder
(instruktur, manajer, pimpinan, siswa, pendukung pendidikan) dalam dunia
pendidikan harus memahami dan mempunyai ketrampilan pemanfaatan IT. Banyak
institusi yang telah mensyaratkan personil-nya baik untuk rekruitmen maupun
yang sudah staf agar memiliki tingkat kompetensi tertentu dalam menggunakan
peralatan berbasis IT.
4)
IT mampu mentransformasikan data dalam bentuk digital, audio visual,
simulasi, gerak, dan realitas maya tergantung dari kemampuan sumber daya alat
dan konsep pendidikan yang diinginkan. Sehingga pada saat ini telah ada konsep
manajemen kelas virtual semacam Learning Management System (LMS), materi-materi
elektronik; fasilitas e-learning, e- library, e-office, distance learning.
Secara fisik data di transformasikan kedalam bentuk digital.
5)
IT bagi sebuah institusi pendidikan dijadikan alat untuk melaksanakan fungsi
manajemen pendidikan yang mampu merencanakan, mengelola, melaksanakan fungsi
pendidikan, pengkajian, evaluasi dan pengembangan. Pengelolaan ini dapat
dilaksanakan melalui program LMS, blackboard, webwiz dst. Seorang manajer
pendidikan mampu mengelola daftar hadir siswa, merekam proses belajar,
memberikan penugasan, memberi dan menerima materi ajaran, mengirimkan materi
evaluasi pendidikan, melaksanakan bimbingan dan pengasuhan. Di dunia
perdagangan IT digunakan untuk sistem dagang elektronis semacam program EBAY, atau yang lain.
6)
Kemampuan aplikasi IT yang sudah dapat digunakan untuk menganalisa kinerja
suatu institusi seperti kita kenal; Executive Information System, Decision
Support System, Expert System, Management Information System. Hal ini membuat
analisa kinerja institusi pendidikan menjadi lebih mudah; contohnya adalah
kemampuan anggota dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh satuan atas
dapat dimonitor secara langsung apakah tugas terbsebut sudah dilaksanakan,
dalam proses, atau idle. Sehingga hal ini akan memudahkan prosedur pengawasan
dan pengendalian komandan.
7)
IT sebagai budaya. Kenyataan ini muncul sebagai akumulasi dari keenam peran
diatas, mendasari pola kerja dan kinerja satuan yang sudah menggunakan dan
mengembangkan IT di lingkungan kerjanya. IT merupakan tuntutan menajemen
institusi modern, mau tidak mau IT harus ada, digunakan, dan dikembangkan. IT
adalah KEHARUSAN.
manfaat teknologi komputer untuk pendidikan
MANFAAT
TEKNOLOGI KOMPUTER UNTUK DUNIA PENDIDIKAN
Teknologi komputer di zaman sekarang ini memang sudah begitu maju. Komputer kerap kali dimanfatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar cepat selesai. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa komputer memang sudah menjadi hal yang penting bagi masyarakat di bumi ini. Disini saya akan sedikit membahas tentang peranan teknologi komputer, khusunya dalam bidang pendidikan.
Saya disini akan langsung membahas peranan atau manfaat teknologi komputer di dunia pendidikan yang diantaranya adalah e-learning. Seperti yang kita tahu konsep yang harus diterapkan di masa sekarang ini memang harus dikembangkan agar tidak terjadi kejenuhan dalam proses belajar mengajar. Sekarang ini e-learning adalah solusinya. E-learning adalah suatu system pembelajaran yang menggunakan teknologi komputer dan internet. E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.
Teknologi komputer di zaman sekarang ini memang sudah begitu maju. Komputer kerap kali dimanfatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar cepat selesai. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa komputer memang sudah menjadi hal yang penting bagi masyarakat di bumi ini. Disini saya akan sedikit membahas tentang peranan teknologi komputer, khusunya dalam bidang pendidikan.
Saya disini akan langsung membahas peranan atau manfaat teknologi komputer di dunia pendidikan yang diantaranya adalah e-learning. Seperti yang kita tahu konsep yang harus diterapkan di masa sekarang ini memang harus dikembangkan agar tidak terjadi kejenuhan dalam proses belajar mengajar. Sekarang ini e-learning adalah solusinya. E-learning adalah suatu system pembelajaran yang menggunakan teknologi komputer dan internet. E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.
A. Peran komputer dalam pembelajaran
Menurut Gagne dan Briggs dalam
Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena
memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan memiliki fungsi antara
lain sebagai berikut :
1.
Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani
hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan
ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
2.
Pengulangan : Pengguna komputer terutama mahasiswa
atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang
menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
3.
Feedback and Reward : Dengan
komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja
pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran
dan pujian ini dpaat disampaikan secara online
dan seketika sehingga mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan
pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan
potensi diri terutama dalam pembelajaran.
Komputer adalah media yang dapat
digunakan dalam pengajaran dengan
berbagai metode yang berbeda-beda.
Peran komputer secara umum adalah :
1.
Komputer dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
2.
Dengan komputer para pembelajar bahasa dapat
menentukan sendiri program bahasa yang disukainya dan belajar sesuai dengan
kemampuan dan waktu yang dimiliki.
3.
Dapat memotivasi para pembelajar lewat variasi
pelajaran dengan suara dan gambar.
4.
Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar
dan salah secara otomatis, sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai
segera setelah soal-soal dikerjakan.
1.
3. Contoh Bentuk-bentuk pembelajaran dengan Meggunakan
Komputer
Ada berbagai macam bentuk-bentuk
pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :
1.
Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan
program Word, dapat diketik
bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran
kertas yang bervariasi. (schule.bayern.de)
2.
Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF
digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi
dengan suara dan gambar.
Manfaat komputer dalam pendidikan, yaitu:
1.
Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut
Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu
model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials),
model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model
permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam
kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu
peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka.
2.
Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas
komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif melalui
komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video,
gambar dan lainnya.
3.
Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang
berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana
yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4.
Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi,
kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna
komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan
ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer hanya akan menjadi benda
mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.
Komputer
juga merupakan sarana yang bermanfaat untuk mengekspresikan kreatifitas
seseorang. Bagi orang yang hobi menggambar atau menulis, ia dapat menggunakan
komputer untuk mendukung karyanya. Dengan komputer kita dapat menciptakan
design kita sendiri dengan bentuk dan warna yang menarik. Begitu juga dengan
menulis. Kita tidak perlu lagi menulis karangan secara manual dengan pulpen dan
kertas tetapi dengan komputer semua dapat dilaksanakan dengan cepat dan
teratur.
Kita dapat merangkai atau menulis karangan halaman demi halaman dengan variasi tulisan yang kita inginkan. Di zaman sekarang ini semua dapat dilakukan dengan cepat dan maksimal dengan komputer. Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal komputer dan sudah banyak pula orang yang menggunakan komputer. Apalagi sekarang sudah banyak Handphone atau modem yang bisa digunakan untuk internet. Banyak pengguna komputer yang sampai lupa waktu karena seringnya mengunjungi situs-situs di internet. Bahkan sampai ada yang rela menghabiskan uangnya untuk membeli pulsa agar bisa buka Facebook daripada makan.
Kita dapat merangkai atau menulis karangan halaman demi halaman dengan variasi tulisan yang kita inginkan. Di zaman sekarang ini semua dapat dilakukan dengan cepat dan maksimal dengan komputer. Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal komputer dan sudah banyak pula orang yang menggunakan komputer. Apalagi sekarang sudah banyak Handphone atau modem yang bisa digunakan untuk internet. Banyak pengguna komputer yang sampai lupa waktu karena seringnya mengunjungi situs-situs di internet. Bahkan sampai ada yang rela menghabiskan uangnya untuk membeli pulsa agar bisa buka Facebook daripada makan.
Setiap orang memiliki alasan yang
berbeda bila mereka di tanya tentang apa fungsinya komputer, jawaban mereka
antara lain :
1.
Mempermudah pekerjaan.
2.
Sebagai Alat komunikasi
3.
Sebagai alat untuk hiburan
Sebagian besar orang akan menjawab 3
alasan diatas. Juga banyak orang tua yang di lahirkan pada zaman tempo dulu
tidak mengerti sama sekali manfaat komputer, sehingga mereka tidak menganggap
komputer itu penting dan hasilnya pada generasi penerusnyapun mereka tidak
menekankan atau mendidik anak-anak mereka untuk dan harus mengerti bidang
komputer.
Di dalam dunia komputer semua hal, semua
bidang mata pelajaran, perkuliahan dan usaha ada di komputer, bahkan pendidikan
dan ilmu pengetahuan lebih komplit bila diperoleh dari komputer dengan media
Internet dibandingkan dengan pelajaran atau Ilmu yang di dapatkan dari Sekolah.
·
Fungsi
komputer sangat kompleks sekali dan beragam untuk dapat digunakan dalam
aktivitas sehari - hari. Peralatan elektronik ini banyak sekali digunakan oleh
berbagai macam perusahaan, instansi pemerintahan ataupun secara pribadi guna
mempercepat pekerjaan yang dilakukan.
· Di dalam
bidang pendidikan, komputer juga mempunyai andil yang sangat besar di dalam
memberikan informasi untuk beragam usia. Beberapa fungsi komputer dalam bidang
pendidikan diantaranya;
- Sebagai Mencari Bahan Informasi
Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Seperti contoh, jika anda seorang sisawa dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.
- Untuk Media Pembelajaran
Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.
1. Sebagai alat presentasi
- Sebagai Mencari Bahan Informasi
Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Seperti contoh, jika anda seorang sisawa dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.
- Untuk Media Pembelajaran
Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.
1. Sebagai alat presentasi
dengan
bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai
alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak
digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan
hasil penelitian mereka.
2. Sebagai
pengganti mesin ketik
Sekitar
tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih
menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun disekitar
akhir tahun sembilan puluhan kini posisinya digantikan dengan komputer yang
dikenal lebih simple dan lebih efektif.
3. Sebagai alat
hitung
Di dalam
komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak
sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah ,
rata rata dan juga pembagian.
2.
Kelebihan Komputer
Heinich dkk. (1986) mengemukakan sejumlah kelebihan
dan juga kelemahan yang ada pada medium komputer. Aplikasi komputer sebagai
alat bantu proses belajar memberikan beberapa keuntungan. Komputer memungkinkan
mahasiswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami
pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Penggunaan komputer dalam proses
belajar membuat mahasiswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas
belajarnya. Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak jauh memberikan
keleluasaan terhadap mahasiswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih
urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan. Kemampuan komputer untuk
menayangkan kembali informasi yang diperlukan oleh pemakainya, yang
diistilahkan dengan "kesabaran komputer", dapat membantu mahasiswa
yang memiliki kecepatan belajar lambat. Dengan kata lain, komputer dapat
menciptakan iklim belajar yang efektif bagi mahasiswa yang lambat (slow
learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi mahasiswa yang
lebih cepat (fast learner)
3.
Kekurangan Komputer
Selanjutnya Benny dan Tita (2000) memberi
penjelasan. Disamping memiliki sejumlah kelebihan, komputer sebagai sarana
komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pertama
adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama
yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Disamping
itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan
komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
memerlukan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan
manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk
menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan.
2.2 Manfaat Internet Sebagai Media Pembelajaran
Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki
setiap dimensi aspek kehidupan manusia. Teknolgi informasi saat ini memainkan
peran yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan sturktur organisasi, dan
mannajemen organisasi. Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan
peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam
suatu institusi akademik. Mengutip apa yang dikatakan kadir (2003), secara
garis besar, teknologi informasi memiliki peranan :
1) dapat menggantikan
peran manusia, dalam hal ini dapat melakukan otomasi terhadap tugas atau
proses;
2) memperkuat
peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas dan
proses;
3) berperan dalam
restrukturissi terhadap peran manusia, dalam melakukan perubahan-perubahan
terhadap kumpulan tugas dan proses.
BAB III
KESIMPULAN
Komputer merupakan alat elektronik yang dapat menerima input dan mengolah data, memberikan informasi menggunakan suatu program yang tersimpan di memori (stored program) sehingga dapat menyimpan program dan hasil pengolahan yang bekerja secara otomatis.
Komputer merupakan alat yang bisa
dimanfaatkan sebagai media utama dalam pembelajaran karena berbagai macam
kemampuan yang dimilikinya, diantaranya memiliki respon yang cepat secara
virtual (tampilan) terhadap masukan yang diberikan siswa (user), mempunyai
kapasitas untuk menyimpan dan memanipulasi informasi, serta dapat digunakan
secara luas sebagai alat dalam kegiatan pembelajaran.
Di dalam pembelajaran komputer
memiliki kelebihan dan kekurangan. Dimana salah satu kelebihannya yaitu
komputer dapat memberikan satu motivasi bagi siswa dengan adanya satu variasi
belajar, dan kekurangannya yaitu mengurangi interaksi sosial siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, A. (2002). Media
Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Darsono, M. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Unnes Press.
Anonim. (–). Penggunaan Media Elektronik dalam Pembelajaran Fisika. http://massofa.wordpress.com/2008/02/04/penggunaan-media- elektronik-dan-komputer-dalam-pembelajaran-fisika/. Diakses 1 Mei 2008.
Darsono, M. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Unnes Press.
Anonim. (–). Penggunaan Media Elektronik dalam Pembelajaran Fisika. http://massofa.wordpress.com/2008/02/04/penggunaan-media- elektronik-dan-komputer-dalam-pembelajaran-fisika/. Diakses 1 Mei 2008.
Anonim. (–). Peran Strategis Guru
Komputer dalam Pembelajaran di Sekolah. http://gurukreatif.wordpress.com/2007/11/28/peran-strategis-guru-
komputer-dalam-pembelajaran-di-sekolah/. Diakses 1 Mei 2008.
Anonim. (–). Multimedia dalam
Pembelajaran. http://man2kediri.wordpress.com/2008/03/01/multi-media-dalam-pembelajaran/.
Diakses 1 Mei 2008.
1 comment :
This website definitely has all the info I wanted about this subject and didn't know who to ask.
Post a Comment