ANGKET PENILAIAN TERHADAP DOSEN
Nama : HASMIRAH Jurusan/Prodi : MIPA BIOLOGI
Kelas : BIOLOGI 1 Mata Kuliah : BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Semester : Genap/Ganjil
I. KOMPETENSI
No.
|
PERNYATAAN
|
RESPON
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Kesiapan memberikan kuliah dan
atau praktik
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kelengkapan atribut mata kuliah (meliputi: kontrak
kuliah, media ajar, problem solving, e-learning)
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ketepatan waktu kehadiran
dosen
|
|
|
|
|
|
4.
|
Lama waktu tatap muka
sesuai SKS ( 1 SKS : 50 menit)
|
|
|
|
|
|
5.
|
Upaya membangkitkan minat
mahasiswa pada mata kuliah ini di awal kuliah
|
|
|
|
|
|
6.
|
Kemampuan menghidupkan suasana
kelas
|
|
|
|
|
|
7.
|
Sistematika
pengorganisasian materi kuliah
|
|
|
|
|
|
8.
|
Kesesuaian materi yang diberikan dan kompetensi yang ditetapkan
|
|
|
|
|
|
9.
|
Kejelasan penyampaian tujuan pembelajaran, materi
dan jawaban terhadap pertanyaan di kelas
|
|
|
|
|
|
10.
|
Waktu khusus yang
disediakan untuk berdiskusi tentang materi kuliah
|
|
|
|
|
|
11.
|
Kemampuan mengarahkan
diskusi sehingga mencapai sasaran
|
|
|
|
|
|
12.
|
Keragaman metode pembelajaran (ceramah, diskusi, SCL, tanya jawab)
|
|
|
|
|
|
13.
|
Keragaman sumber belajar
(referensi, kasus lapangan, pengalaman sendiri, dll)
|
|
|
|
|
|
14.
|
Pemanfaatan media dan teknologi
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
15.
|
Pemberian tugas
terstruktur (paper, rangkuman,
latihan soal/pemecahan masalah, dll)
|
|
|
|
|
|
16.
|
Pemberian umpan balik terhadap
tugas (pengembalian tugas)
|
|
|
|
|
|
17.
|
Keanekaragaman cara pengukuran
hasil belajar/evaluasi
|
|
|
|
|
|
18.
|
Kesesuaian materi ujian dan/atau
tugas dengan tujuan kompetensi mata kuliah
|
|
|
|
|
|
19.
|
Kesesuaian nilai yang diberikan
dengan hasil belajar
|
|
|
|
|
|
II. KOMPETENSI PROFESIONAL
No.
|
PERNYATAAN
|
RESPON
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
20.
|
Penguasaan terhadap materi
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
21.
|
Kemampuan menjelaskan pokok
bahasan/topik secara sistematis
|
|
|
|
|
|
22.
|
Kemampuan memberi contoh relevan dari konsep yang
diajarkan
|
|
|
|
|
|
23.
|
Kedalaman dan keluasan
dalam membahas contoh kasus
|
|
|
|
|
|
24.
|
Kemampuan menjelaskan keterkaitan
bidang/topik yang diajarkan dengan bidang/topik lain
|
|
|
|
|
|
25.
|
Kemampuan menjelaskan keterkaitan
bidang/topik yang diajarkan dengan konteks kehidupan
|
|
|
|
|
|
26.
|
Penguasaan akan isu-isu mutakhir
dalam bidang yang diajarkan
|
|
|
|
|
|
27.
|
Penggunaan hasil-hasil penelitian
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
|
|
|
|
|
|
28.
|
Kemampuan menggunakan beragam teknologi komunikasi untuk
pengkayaan materi ajar
|
|
|
|
|
|
III. KOMPETENSI KEPRIBADIAN
No.
|
PERNYATAAN
|
RESPON
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
29.
|
Rasa percaya diri akan
kemampuan mengajar
|
|
|
|
|
|
30.
|
Kewibawaan sebagai pribadi dosen
|
|
|
|
|
|
31.
|
Kearifan dalam mengambil
keputusan (menyelesaikan persoalan mahasiswa)
|
|
|
|
|
|
32.
|
Menjadi contoh dalam bersikap dan
berperilaku
|
|
|
|
|
|
33.
|
Satunya kata dan tindakan
(konsisten)
|
|
|
|
|
|
34.
|
Kemampuan mengendalikan diri
dalam berbagai situasi
|
|
|
|
|
|
35.
|
Adil dalam memperlakukan
mahasiswa
|
|
|
|
|
|
IV. KOMPETENSI SOSIAL
No.
|
PERNYATAAN
|
respon
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
36.
|
Kemampuan menerima kritik, saran,
dan pendapat orang lain
|
|
|
|
|
|
37.
|
Kesediaan meluangkan
waktu untuk konsultasi di luar kelas
|
|
|
|
|
|
38.
|
Mengenal dengan baik mahasiswa
yang mengikuti kuliahnya
|
|
|
|
|
|
39.
|
Mudah bergaul dengan segenap
civitas (termasuk dengan mahasiswa)
|
|
|
|
|
|
PETUNJUK :
·
Berikan
penilaian terhadap komponen evaluasi di bawah ini
·
dengan menuliskan
SKOR pada kolom di
·
sebelah kanan.
1 =
rendah/tidak pernah/tidak lengkap
2 =
tidak baik/rendah/jarang/kurang
lengkap
3 =
biasa/cukup/kadang-kadang/cukup
lengkap
4 =
baik/tinggi/sering/lengkap
5 = sangat
baik/sangat tinggi/selalu/sangat
lengkap
NO
|
PERNYATAAN
|
RESPON
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Pada
pertemuan pertama, nampak dosen (atau anggota tim), berusaha menjelaskan apa
yang akan dipelajari mahasiswa dalam satu semester termasuk cara penilaiannya.
|
|
|
|
|
|
2
|
Dosen nampak berusaha menyiapkan materi dengan
sebaik-baiknya untuk diajarkan.
|
|
|
|
|
|
3
|
Dosen
nampak bersungguh-sungguh dalam mengajar, agar materi yang dibawakannya dapat
dimengerti mahasiswa.
|
|
|
|
|
|
4
|
Dosen
nampak berusaha menjelaskan bahwa secara umum bahan kuliahnya akan bermanfaat
sebagai bahan dasar pelajaran lanjut atau sebagai bekal pengetahuan
menghadapi dunia kerja.
|
|
|
|
|
|
5
|
Dosen
sering memberi tugas / pekerjaan rumah / bahan diskusi yang lebih bersifat
membantu mahasiswa dalam memahami materi pelajaran dari pada sekedar
memberatkan mahasiswa.
|
|
|
|
|
|
6
|
Dosen
nampak berusaha dengan caranya agar mahasiswa tertarik mengikuti pelajarannya
dari pada membuat mahasiswa merasa bosan.
|
|
|
|
|
|
7
|
Dosen
memakai buku acuan / diktat / bahan ajar yang mana memang membantu mahasiswa
dalam menguasai materi pelajaran.
|
|
|
|
|
|
8
|
Dalam
memberi kesempatan bertanya baik di kelas maupun diluar dosen bersifat
obyektif tanpa memandang suku, agama, ras, golongan.
|
|
|
|
|
|
9
|
Soal
midtest dan / atau ujian yang diberikan dosen memang merupakan alat uji
kemampuan dibanding hanya mencari kesalahan mahasiswa.
|
|
|
|
|
|
10
|
Secara umum, dosen dinilai cukup baik dalam melakukan proses
belajar mengajar.
|
|
|
|
|
|
|
Total nilai yang dilingkari tiap kolom = |
|
|
|
|
|
ANGKET PENILAIAN
TERHADAP MAHASISWA
No.
|
PERNYATAAN
|
RESPON
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Kemauan mendengarkan dengan penuh perhatian
|
|
|
|
|
2.
|
Kemaun mendengarkan nasehat orang lain
|
|
|
|
|
3.
|
Kemauan dalam melibatkan diri dalam aktivitas di kelas dan/atau
|
|
|
|
|
4.
|
Kemauan menerima teman lain apa adanya
|
|
|
|
|
5.
|
Kemauan untuk mencatat hal-hal yang penting
|
|
|
|
|
6.
|
Kepedulian dengan persoalan yang dihadapi orang lain
|
|
|
|
|
7.
|
Kemauan dalam mengerjakan tugas rumah/laboratorium
|
|
|
|
|
8.
|
Kesungguhan dalam menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
9.
|
Kemauan berpartisipasi dalam diskusi kelompok/kelas
|
|
|
|
|
10.
|
Kepatuhan dalam mengikuti kesepakatan bersama
|
|
|
|
|
11.
|
Kemauan membantu/membimbing/menolong orang lain
|
|
|
|
|
12.
|
Kemauan bergabung dengan kelompoknya dengan senang hati/sukarela
|
|
|
|
|
13.
|
Kemauan untuk mengambil keputusan bersama dan tidak memaksakan
kehendaknya pada orang lain
|
|
|
|
|
14.
|
Kemauan menghargai hal-hal yang baik
|
|
|
|
|
15.
|
Kemauan menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
16.
|
Kemauan mendukung rencana yang telah dibuat kelompoknya
|
|
|
|
|
17.
|
Kemauan mendukung pendapat orang lain yang benar dan memprotes pendapat
orang lain yang salah
|
|
|
|
|
18.
|
Kemauan untuk menyampaikan ide/pendapat dalam pemecahan masalah
|
|
|
|
|
19.
|
Kemauan untuk mendiskusikan standar/kriteria yang dipakai untuk menetapkan kebenaran suatu hal
|
|
|
|
|
20.
|
Kemauan untuk menilai segala sesuatu dengan cara membandingkannya dengan
standar/criteria
|
|
|
|
|
21.
|
Kemauan mengakui kelebihan/kelemahan diri
|
|
|
|
|
22.
|
Kemauan mendukung perencanaan yang baik yang dibuat kelompoknya
|
|
|
|
|
23.
|
Kemauan menunjukkan peransertase dalam suatu perencanaan/kegiatan
atas dasar minat, tanggung jawab, dan
keyakinannya
|
|
|
|
|
24.
|
Kemauan berupaya menghindari kesalahan yang pernah ia lakukan
|
|
|
|
|
25.
|
Kemauan memilih prosedur yang benar (tidak asal bertindak) untuk menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
26.
|
Kemauan untuk mengatasi hal-hal yang tidak dikehendaki
|
|
|
|
|
Keterangan :
A.
Amat baik
B.
Baik
C.
Cukup baik
D.
Kurang baik
No comments :
Post a Comment