Flaming Arrow Glitter Purple Winnie The Pooh Glitter

Sunday, 30 November 2014

angket terhadap penilaian dosen, IBD ( ilmu budaya dasar )

ANGKET PENILAIAN TERHADAP DOSEN

Nama              : HASMIRAH                  Jurusan/Prodi : MIPA BIOLOGI             
Kelas               : BIOLOGI 1        Mata Kuliah    : BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Semester         : Genap/Ganjil

  I.  KOMPETENSI
No.
PERNYATAAN
RESPON
1
2
3
4
5
1.
Kesiapan memberikan kuliah dan atau praktik





2.
Kelengkapan atribut mata kuliah (meliputi: kontrak kuliah, media ajar, problem solving, e-learning)





3.
Ketepatan waktu kehadiran dosen





4.
Lama waktu tatap muka sesuai SKS ( 1 SKS : 50 menit)





5.
Upaya membangkitkan minat mahasiswa pada mata kuliah ini di awal kuliah





6.
Kemampuan menghidupkan suasana kelas





7.
Sistematika pengorganisasian materi kuliah





8.
Kesesuaian materi yang diberikan dan kompetensi yang ditetapkan





9.
Kejelasan penyampaian tujuan pembelajaran, materi dan jawaban terhadap pertanyaan di kelas





10.
Waktu khusus yang disediakan untuk berdiskusi tentang materi kuliah





11.
Kemampuan mengarahkan diskusi sehingga mencapai sasaran





12.
Keragaman metode pembelajaran  (ceramah, diskusi, SCL, tanya jawab)





13.
Keragaman sumber belajar (referensi, kasus lapangan, pengalaman sendiri, dll)





14.
Pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran





15.
Pemberian tugas terstruktur (paper, rangkuman, latihan soal/pemecahan masalah, dll)





16.
Pemberian umpan balik terhadap tugas (pengembalian tugas)





17.
Keanekaragaman cara pengukuran hasil belajar/evaluasi





18.
Kesesuaian materi ujian dan/atau tugas dengan tujuan kompetensi mata kuliah





19.
Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar







II.  KOMPETENSI PROFESIONAL
No.
PERNYATAAN
RESPON
1
2
3
4
5
20.
Penguasaan terhadap materi pembelajaran





21.
Kemampuan menjelaskan pokok bahasan/topik secara sistematis





22.
Kemampuan  memberi contoh relevan dari konsep yang diajarkan





23.
Kedalaman dan keluasan dalam membahas contoh kasus





24.
Kemampuan menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan bidang/topik lain





25.
Kemampuan menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan konteks kehidupan





26.
Penguasaan akan isu-isu mutakhir dalam bidang yang diajarkan





27.
Penggunaan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran





28.
Kemampuan menggunakan beragam teknologi komunikasi untuk pengkayaan materi ajar   





III.  KOMPETENSI KEPRIBADIAN
No.
PERNYATAAN
RESPON
1
2
3
4
5
29.
Rasa percaya diri akan kemampuan mengajar





30.
Kewibawaan sebagai pribadi dosen





31.
Kearifan dalam mengambil keputusan (menyelesaikan persoalan mahasiswa)





32.
Menjadi contoh dalam bersikap dan berperilaku





33.
Satunya kata dan tindakan (konsisten)





34.
Kemampuan mengendalikan diri dalam berbagai situasi





35.
Adil dalam memperlakukan mahasiswa





 
IV.  KOMPETENSI SOSIAL
No.
PERNYATAAN
respon
1
2
3
4
5
36.
Kemampuan menerima kritik, saran, dan pendapat orang lain





37.
Kesediaan meluangkan waktu untuk konsultasi di luar kelas





38.
Mengenal dengan baik mahasiswa yang mengikuti kuliahnya





39.
Mudah bergaul dengan segenap civitas (termasuk dengan mahasiswa)





PETUNJUK : 
·       Berikan penilaian terhadap komponen evaluasi di bawah ini
·        dengan menuliskan SKOR pada  kolom di
·        sebelah kanan.
          1 = rendah/tidak pernah/tidak lengkap
2 = tidak baik/rendah/jarang/kurang lengkap
3 = biasa/cukup/kadang-kadang/cukup lengkap
4 = baik/tinggi/sering/lengkap
5 = sangat baik/sangat tinggi/selalu/sangat lengkap


NO
PERNYATAAN
RESPON
1
2
3
4
5
1
 Pada pertemuan pertama, nampak dosen (atau anggota tim), berusaha menjelaskan apa yang akan dipelajari mahasiswa dalam satu semester termasuk cara penilaiannya.





2
 Dosen nampak berusaha menyiapkan materi dengan sebaik-baiknya  untuk diajarkan.





3
 Dosen nampak bersungguh-sungguh dalam mengajar, agar materi yang dibawakannya dapat dimengerti mahasiswa.





4
 Dosen nampak berusaha menjelaskan bahwa secara umum bahan kuliahnya akan bermanfaat sebagai bahan dasar pelajaran lanjut atau sebagai bekal pengetahuan menghadapi dunia kerja.





5
 Dosen sering memberi tugas / pekerjaan rumah / bahan diskusi yang lebih bersifat membantu mahasiswa dalam memahami materi pelajaran dari pada sekedar memberatkan mahasiswa.





6
 Dosen nampak berusaha dengan caranya agar mahasiswa tertarik mengikuti pelajarannya dari pada membuat mahasiswa merasa bosan.





7
 Dosen memakai buku acuan / diktat / bahan ajar yang mana memang membantu mahasiswa dalam menguasai materi pelajaran.





8
 Dalam memberi kesempatan bertanya baik di kelas maupun diluar dosen bersifat obyektif tanpa memandang suku, agama, ras, golongan.





9
 Soal midtest dan / atau ujian yang diberikan dosen memang merupakan alat uji kemampuan dibanding hanya mencari kesalahan mahasiswa.





10
Secara umum, dosen dinilai cukup baik dalam melakukan proses belajar mengajar.






Total nilai yang dilingkari tiap kolom   =








ANGKET PENILAIAN TERHADAP MAHASISWA
No.
PERNYATAAN
RESPON
1
2
3
4
1.
Kemauan mendengarkan dengan penuh perhatian




2.
Kemaun mendengarkan nasehat orang lain




3.
Kemauan dalam melibatkan diri dalam aktivitas di kelas dan/atau




4.
Kemauan menerima teman lain apa adanya




5.
Kemauan untuk mencatat hal-hal yang penting




6.
Kepedulian dengan persoalan yang dihadapi orang lain




7.
Kemauan dalam mengerjakan tugas rumah/laboratorium




8.
Kesungguhan dalam menjawab pertanyaan




9.
Kemauan berpartisipasi dalam diskusi kelompok/kelas




10.
Kepatuhan dalam mengikuti kesepakatan bersama




11.
Kemauan membantu/membimbing/menolong orang lain




12.
Kemauan bergabung dengan kelompoknya dengan senang hati/sukarela




13.
Kemauan untuk mengambil keputusan bersama dan tidak memaksakan kehendaknya pada orang lain




14.
Kemauan menghargai hal-hal yang baik




15.
Kemauan menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari




16.
Kemauan mendukung rencana yang telah dibuat kelompoknya




17.
Kemauan mendukung pendapat orang lain yang benar dan memprotes pendapat orang lain yang salah




18.
Kemauan untuk menyampaikan ide/pendapat dalam pemecahan masalah




19.
Kemauan untuk mendiskusikan standar/kriteria yang dipakai untuk menetapkan  kebenaran suatu hal




20.
Kemauan untuk menilai segala sesuatu dengan cara membandingkannya dengan standar/criteria




21.
Kemauan mengakui kelebihan/kelemahan diri




22.
Kemauan mendukung perencanaan yang baik yang dibuat kelompoknya




23.
Kemauan menunjukkan peransertase dalam suatu perencanaan/kegiatan atas  dasar minat, tanggung jawab, dan keyakinannya




24.
Kemauan berupaya menghindari kesalahan yang pernah ia lakukan




25.
Kemauan memilih prosedur yang benar (tidak asal bertindak) untuk  menyelesaikan masalah




26.
Kemauan untuk mengatasi hal-hal yang tidak dikehendaki





Keterangan :
A.      Amat baik
B.       Baik
C.       Cukup baik
D.      Kurang baik

No comments :

BLOG HASMIRAH